Sunday, December 27, 2015

Tagged under: ,

BELAJAR MENERJEMAHKAN BAHASA INGGRIS

BELAJAR MENERJEMAHKAN BAHASA INGGRIS

BELAJAR MENERJEMAHKAN BAHASA INGGRIS
Belajar Menerjemah Bahasa Inggris. Foto by : Jasa Penerjemah Bahasa

BELAJAR MENERJEMAHKAN BAHASA INGGRIS


Penggunaan bahasa Inggris semakin banyak dipakai, karena sudah menjadi bahasa internasional. Sekolah-sekolah formal juga menjadikan bahasa inggris menjadi mata pelajaran. Bahkan telah banyak lembaga informal yang khusus didirikan untuk memberikan pendidikan bahasa inggris. Sangat disayangkan bila banyak diantara kita belum tahu arti kalimat bahasa Inggris yang sederhana. Setiap kalimat Bahasa Inggris, kita perlu tahu maknanya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang terkandung dalam kalimat tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk belajar menerjemahkan teks bahasa Inggris agar hasilnya maksimal.
1. Perbanyaklah kosa kata
Kosa kata bahasa Inggris sangat banyak sekali. Bahkan terkadang kosa kata yang sama dapat memberikan makna yang berbeda jika ditempatkan dengan kosa kata yang lain. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan makna apa saja yang terkandung pada suatu kosa kata bahasa inggris dan melihat kamus Inggris-indonesia merupakan hal yang dapat dipilih untuk mengetahui makna suatu kosa kata.
Cara yang menyenangkan menambah kosa kata adalah dengan membaca bacaan berbahasa inggris seperti surat kabar, novel, komik, artikel maupun bacaan yang lain. Atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. Menonton film-film yang berbahasa inggris atau yang bersubtittle bahasa inggris.
2. Pahami grammar bahasa inggris
Pemahaman grammar sangat penting supaya jangan sampai terdapat kesalahan grammar saat menerjemahkan teks bahasa Inggris. Dan akan menjadikan ketidaksamaan makna hasil terjemahan. Untuk itu, untuk selalu ditingkatkan.
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca buku tentang panduan pemahaman grammar bahasa inggris. Bahkan sekarang sudah ada video tutorial interaktif yang dapat membuat proses belajar grammar Anda lebih mengasyikkan. Mempraktikkan bahasa inggris yang dikuasai dengan menggunakan bahasa inggris saat berbincang-bincang dengan teman juga menjadi pilihan agar dapat saling membenahi bahasa jika ada yang salah.
3. Latihan
Segala sesuatu keterampilan memerlukan latihan. Dengan latihan akan membentuk kebiasaan menerjemahkan. Keuntungan lainnya yaitu kita akan menambah kosa kata dan menambah kemampuan grammar Anda. Semakin banyak latihan yang dilakukan maka semakin tinggi pula kemampuan Anda untuk menerjemahkan.
Setidaknya ketika kita mengetahui 60 persen dari suatu kalimat, kita bisa mengetahui makna sebenarnya. Catat kata yang punya banyak arti. Rangkai perkata dan perhatikan apakah ada kejanggalan. Misalnya contoh kalimat Bahasa Inggris "You need a pretty dress to go to the party". Kalau diterjemahkan per kata menjadi "Kamu butuh sebuah indah gaun untuk pergi ke pesta. ". Kalimat terkesan janggal dalam Bahasa Indonesia. Seharusnya "Kamu butuh sebuah gaun indah untuk ke pesta itu ".




------------------------
Sumber : 

0 comments:

Post a Comment